Ayam Geprek Crispy

Ada banyak variasi dalam menu ayam geprek. Salah satunya yaitu daging ayam yang dibalut dengan tepung kriuk-kriuk alias crispy.

Apalagi jika disajikan selagi masih hangat dengan sambal yang pedas dan nikmat. Dijamin pasti ingin nambah dan makan terus deh.

Bayangkan saja, ayam crispy yang renyah dan gurih dipadukan dengan sambal bawang pedas pakai nasi hangat. Pasti bikin ngiler kan?

Nah, selain bisa mendapatkannya di rumah makan favoritmu, kamu juga bisa kok membuat ayam geprek crispy renyah dan gurih sendiri dirumah.

Tertarik untuk mencoba membuatnya? Simak resep dan cara bikin ayam geprek berikut ini yuk!


Resep Ayam Geprek Crispy

Resep Ayam Geprek Crispy & Renyah

Ayu Nindya
Ayam geprek crispy dengan tepung kriuk-kriuk nan renyah dan gurih.
5 from 2 votes
Waktu Memasak 48 mins
Hidangan Makan Malam, Makan Siang
Khas Indonesia
Porsi 8
Kalori 328 kcal

Bahan dan Bumbu
  

Bahan Marinasi Ayam

  • 800 gram daging ayam, cuci bersih dan potong
  • ½ sdt lada bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis

Bahan Adonan Tepung Kering

  • 800 gram tepung protein tinggi
  • 1 sdt soda kue
  • sdt kaldu bubuk ayam
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 sdt bawang putih bubuk

Bahan Adonan Tepung Basah

  • 2 sdm susu bubuk
  • 200 ml air putih

Bahan Sambal Geprek

  • 12 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah / lombok setan, sesuai selera
  • 8 buah cabai rawit merah, sesuai selera

Cara Membuat
 

  • Campurkan daging ayam dengan air perasan jeruk, lada bubuk dan bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • Setelah itu remas-remas agar bumbu terserap.
  • Letakkan daging ayam di dalam kulkas. Tunggu proses marinasi kurang lebih 30 menit.

Membuat Adonan Tepung Crispy

  • Masukkan semua bahan adonan tepung ke dalam satu wadah.
  • Siapkan adonan basah dari susu bubuk dan air putih.
  • Keluarkan ayam yang sudah di marinasi, celupkan ke dalam adonan basah (susu bubuk+air putih).
  • Angkat, lalu gulingkan ke dalam adonan tepung kering.
  • Lalu, celupkan lagi ke adonan basah dan gulingkan ke adonan tepung kering. Ulangi kurang lebih 3x atau sesuai selera ketebalan tepungnya.
  • Goreng ayam yang sudah dilumuri tepung ke dalam minyak panas dengan api sedang.
  • Tunggu hingga matang dan kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.

Membuat Sambal Geprek

  • Siapkan semua bahan sambal diatas cobek.
  • Ulek semua bahan dengan dicampur minyak goreng panas sisa menggoreng ayam.
  • Apabila sudah tercampur rata, letakkan ayam goreng tepung diatas sambal. Lalu geprek ayam tersebut hingga tercampur rata.
  • Selesai, ayam geprek crispy siap dihidangkan. Lengkapi dengan sayuran seperti mentimun, kubis maupun tomat.

Video

Keyword ayam geprek crispy

Tips untukmu, saat melumuri ayam dengan tepung. Jangan terlalu di tekan, cukup di remas-remas lembut saja.

Kemudian pada saat akan menggorengnya, goyangkan ayam agar sisa tepung jatuh sehingga minyak tidak akan kotor.

Hai, disela-sela kesibukanku saat kuliah, aku sering menghabiskan waktu di dapur. Berkreasi dengan masakan khas Nusantara adalah kesukaanku. Resep dengan hidangan terbaik, aku bagikan disini. 🙂

Pantainesia

2 pemikiran pada “Ayam Geprek Crispy”

  1. 5 stars

    Gak nyangka hasilnya krispy banget sama gurih-gurih gimana gitu. Gak kalah enak sama yang dijual di tempat-tempat makan. So far so good.

Tinggalkan komentar

Review Resep