Opor Ayam

Opor ayam merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang telah dikenal di seluruh penjuru nusantara.

Berbahan dasar utama daging ayam yang dipadukan dengan rempah-rempah alami menghasilkan aroma yang sangat menggugah selera.

Tentu, perpaduan santan kental yang berasal dari perasan kelapa juga menjadi kunci kenapa opor ayam memiliki rasa gurih.

Resep dan Cara Membuat Opor Ayam

Rasa opor ayam yang spesial, menjadikan masakan ini identik dengan perayaan tertentu. Misalkan pada momen lebaran / idul fitri hingga hidangan untuk para tamu.

Meski begitu, kamu tetap bisa menyajikan opor ayam di hari biasa sebagai sajian anggota keluarga.

Maka dari itu, kami akan bagikan berbagai resep opor ayam mulai dari ciri khas di setiap dearah nusantara, dari yang sederhana hingga spesial.

Semua resep ini bisa kamu praktekkan sendiri di rumah lho! Pilih kebutuhanmu di bawah ini.

1. Opor Ayam Lebaran

Hari raya idul fitri memang identik dengan opor ayam. Hampir setiap warga di tanah air menyajikan masakan ini sebagai menu utama mereka ketika lebaran tiba.

Biasanya, opor ayam dihidangkan bersama dengan ketupat maupun lontong. Yuk, ikuti resepnya berikut ini!

Resep Opor Ayam Lebaran
Menu opor ayam spesial di hari istimewa dengan kombinasi tahu dan telur rebus
Lihat Resep
Resep Opor Ayam Lebaran

2. Opor Ayam Kuning

Salah satu jenis opor ayam yang kerap kita jumpai di berbagai daerah. Memang, opor ayam pada umumnya memiliki kuah berwarna kuning.

Hal ini berasal dari kunyit yang dikombinasikan dengan santan, daun jeruk dan ketumbar. Cita rasanya yang nikmat, membuat siapa saja ingin segera mencicipinya.

Resep Opor Ayam Kuning
Menu opor ayam khas Jawa dengan bumbu kuning, cocok untuk lauk rumahan
Lihat Resep
Resep Opor Ayam Kuning

3. Opor Ayam Kampung

Agar lebih hemat, hidangan sehari-hari bisa menggunakan ayam kota atau ayam potong. Namun, untuk sajian spesial bagi para tamu disarankan untuk menggunakan ayam kampung.

Selain memiliki tekstur dan cita rasa tersendiri, ayam kampung ini diyakini mengandung asupan gizi yang lebih baik. Tak ayal, harga ayam jenis ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Resep Opor Ayam Kampung
Hidangan opor ayam istimewa untuk acara spesial dengan menggunakan daging ayam kampung.
Lihat Resep
Resep Opor Ayam Kampung

4. Opor Ayam Putih

Tak bisa dipungkiri bahwa selera setiap orang berbeda-beda. Termasuk pada menu opor ayam ini, ada yang menyukai kuah santannya berwarna putih.

Nah, berikut resep serta bumbu yang harus kamu sesuaikan dalam membuat opor ayam.

Resep Opor Ayam Putih
Variasi opor ayam tanpa kunyit dengan kuah yang otentik
Lihat Resep
Resep Opor Ayam Putih

5. Opor Ayam Pedas

Kembali dengan masalah selera, resep opor ayam satu ini sangat cocok untuk pecinta makanan pedas. Ada bumbu-bumbu yang perlu kamu sesuaikan agar menu ini tetap pada ciri khas cita rasanya.

Resep Opor Ayam Pedas
Sajian opor ayam dengan cita rasa yang pedas dan gurih.
Lihat Resep
Resep Opor Ayam Pedas

6. Opor Ayam Tanpa Santan

Keberadaan santan pada opor ayam ini ternyata tidak bisa dinikmati oleh sebagian orang. Terlebih bagi mereka yang sedang menjaga kesehatan untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh.

Cara memasak opor ayam ini tentu tidak jauh berbeda, namun ada bahan-bahan yang perlu kamu sesuaikan. Mau tau bahan yang digunakan untuk menggantikan santan? Cek resep berikut ini.

Resep Opor Ayam Tanpa Santan
Menu opor ayam yang sehat dengan cita rasa yang menggugah selera.
Lihat Resep
Resep Opor Ayam Tanpa Santan

7. Opor Ayam Kentang

Sebagai variasi lauk, kamu bisa menambahkan bahan kentang pada menu opor ayam ini. Resep berikut bisa kamu terapkan sebagai hidangan sederhana namun memiliki lauk yang lengkap.


8. Opor Ayam Telur

Bukan hanya kentang, telur ayam juga kerap dijadikan sebagai pelengkap pada masakan satu ini. Selain itu, telur juga mampu memberikan asupan protein yang lebih tinggi.

Tips Memasak Opor Ayam

  1. Sebisa mungkin gunakan daging ayam Jawa. Selain memiliki rasa yang khas, kandungan gizinya lebih beragam.
  2. Sebelum mengolah daging ayam, rebus dahulu untuk menghilangkan kotoran & membuat daging empuk.
  3. Saat santan kental sudah dituangkan, gunakan api kecil dan selalu diaduk agar santan tidak pecah.
  4. Saat menyajikan dalam porsi besar, jangan ragu untuk selalu menghangatkan opor ayam. Selain mencegah agar tidak cepat basi, cara ini juga bisa membuat bumbu semakin meresap.
  5. Saat menghaluskan bumbu halus, sebisa mungkin menggunakan ulekan dari batu. Konon, ini yang membuat setiap masakan semakin sedap.

Itu dia berbagai cara membuat opor ayam dengan beragam variasi. Kamu bisa bookmark halaman ini untuk mencoba semua resepnya sewaktu-waktu. Tulis komentar dan bagikan ke sosial media-mu ya!

Tinggalkan komentar