Resep Pancake Pisang

Pisang yang sudah terlalu matang diolah bersama oatmeal menjadi sebuah pancake yang fluffy dengan tekstur luar yang lembut dan bagian dalam yang moisty.

Apakah kamu butuh ide menu sarapan pagi yang cepat dan rendah kalori? Yuk coba resep pancake pisang yang dikombinasikan dengan oatmeal dan madu berikut ini.

Setiap ada program diet saya selalu membuat menu sarapan dari pancake pisang ini. Selain buat saya sendiri, bisa juga dijadikan bekal untuk anak dan suami.

Sebenernya gak terbatas untuk sarapan aja sih. Kadang saya juga bikin pancake ini pas sore-sore buat cemilan. Apalagi kalau ada pisang yang sudah kematangan.

Yaps, saya sarankan untuk pakai pisang yang kulitnya sudah menghitam alias terlalu matang. Ini bisa memberikan rasa manis sekaligus menyelamatkan pisang agar tidak kebuang sia-sia.

Penggunaan oatmeal di sini sebagai pengganti tepung terigu ya bun. Nah, kalau bahan buat bikin pancakenya lebih mengembang dan fluffy saya pakai putih telur dan sedikit baking powder.

Oh iya, kalau pan saya ini kan sudah agak tua. Jadi saya pakai sedikit minyak goreng biar pancakenya nanti tidak lengket. Kalau pan kamu masih baru tidak perlu pakai minyak ya bun.

Selain itu, di awal-awal naruh adonan pastiin untuk pakai api sedang. Ini biar bisa mencetak kulit pancake. Kalau sudah, tinggal ganti ke api paling kecil. Dalamnya biar gak gosong.

Sudah siap buat bikin pancake pisang dengan oatmealnya bun? Yuk simak bahan dan step by step pembuatannya di bawah ini.


Resep Pancake Pisang Oatmeal Sederhana

Resep Pancake Pisang
Adisti Isvara
Pisang yang sudah terlalu matang diolah bersama oatmeal menjadi sebuah pancake yang fluffy dengan tekstur luar yang lembut dan bagian dalam yang moisty.

Bahan dan Bumbu
  

  • 1 buah pisang (Jenis apa saja)
  • 60 gram oatmeal
  • ½ sdt baking powder
  • 1 putih telur
  • 60 ml susu rendah lemak
  • 50 ml yogurt plain
  • ¼ sdm minyak goreng
  • Madu (secukupnya)

Cara Membuat
 

  • Masukkan pisang dengan oatmeal, susu dan yogurt ke dalam wadah lalu aduk hingga pisang hancur.
  • Tambahkan baking powder dan putih telur lalu aduk kembali hingga merata dan tidak ada bahan yang masih bergumpal.
  • Panaskan teflon lalu tuang minyak kemudian ratakan ke seluruh teflon dan lap dengan tisu apabila minyak terlalu banyak.
  • Atur api kompor ke sedang lalu masukkan adonan sebanyak 1 sdm atau sesuai selera. Setelah bagian bawah pancake sudah menjadi kulit segera ubah api menjadi paling kecil agar tidak gosong.
  • Setelah bagian atas pancake sudah berongga kemudian balik. Setelah matang kemudian angkat dan panggang semua adonan hingga habis.
  • Susun secara bertumpuk pancake yang sudah matang. Siram dengan madu atau topping lain sesuai selera.
  • Pancake pisang oatmeal siap disajikan.

Video

Tips Memasak

  • Kamu bisa gunakan jenis pisang apapun asalkan sudah matang dan manis. Pisang yang sudah hitam dan lembek juga masih bisa digunakan untuk membuat pancake ini.
  • Topping lain yang bisa kamu tambahkan bisa berupa kental manis, keju parut, sirup, krim maupun selai.

Itulah resep pancake pisang tanpa pakai tepung terigu maupun margarin dan diganti dengan oatmeal yang lebih sehat serta rendah kalori. Kamu sedang ada program diet? Maka jangan lewatkan menu satu ini untuk sarapan ya bun. Selamat mencoba!

Bagikan ke Temanmu

One comment

  1. 5 stars
    bahannya bener-bener diet friendly banget ka. makasih bnyak udah 2x coba sarapan pake resep ini. mudah dihafal banget cara masaknya. ditunggu untuk resep sarapan buat diet lainnya ka

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Review Resep