Resep Roti Pisang

Roti dengan isian pisang yang dipadukan bersama coklat dan keju yang dipanggang hingga lembut, empuk serta berserat.

Apakah kamu lagi cari ide olahan roti yang dipanggang buat aktivitas minggu ini? Yuk pelajari resep roti pisang dengan perpaduan coklat dan keju berikut ini.

Saya tau bagi yang hobi baking pasti selalu ingin berkreasi untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Sama halnya dengan saya yang kebetulan punya stok pisang Raja Nangka pemberian dari mertua. Sepertinya cocok nih kalo diolah jadi isian roti.

Kita semua tau kalau pembuatan roti itu cukup memakan waktu pada saat resting adonan agar mengembang. Total waktu kali ini kurang lebih 150 menit mulai dari pembuatan adonan hingga memanggang.

Kalau dilihat dari prosesnya sebenarnya tidak rumit. Saya juga tidak pakai mixer dan milih pakai hand whisk saja tapi hasilnya tetap lembut dan berserat.

Di sini kita menumis pisang terlebih dahulu dengan margarin agar aromanya semakin keluar, gurih dan tidak terlalu lembek.

Mengenai adonan kuncinya terletak pada ragi yang digunakan. Make sure untuk ragi memang benar-benar masih aktif ya bun.

Sisanya tinggal kita aduk-mengaduk bahan adonan dan uleni sebentar lalu resting kemudian uleni lagi setelah itu resting lagi. Jangan bingung ya, karena step by stepnya bisa kamu pelajari di bawah ini.

Kalau adonan sudah jadi, maka tinggal filling aja dengan pisang, selai coklat dan parutan keju. Resting dulu biar mengembang lalu panggang sampai matang deh. Mudah bukan?


Resep Roti Pisang Coklat Keju Panggang

Resep Roti Pisang
Adisti Isvara
Roti dengan isian pisang yang dipadukan bersama coklat dan keju yang dipanggang hingga lembut, empuk serta berserat.

Bahan dan Bumbu
  

  • 12 buah pisang (Raja Nangka, Ambon)
  • 1 sdm margarin
  • 350 gram tepung terigu (protein tinggi)
  • 200 ml susu cair
  • 40 gram kental manis
  • 20 gram gula pasir
  • 6 gram ragi instan
  • 1 butir telur
  • 3 gram garam
  • 40 gram margarin cair

Cara Membuat
 

  • Lelehkan margarin di atas wajan lalu tumis pisang yang sudah dikupas sambil dibolak-balik hingga berwarna kecoklatan di setiap sisinya. Lakukan untuk semua buah pisang lalu sisihkan.
  • Siapkan mangkuk besar atau baskom lalu masukkan susu cair, kental manis, gula pasir, ragi instan dan telur kemudian aduk hingga tercampur rata menggunakan hand whisk.
  • Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan lalu aduk menggunakan spatula hingga menjadi adonan yang mudah dibentuk.
  • Tambahkan garam dan margarin cair ke dalam adonan lalu aduk kembali secara merata dan tidak ada minyak yang masih mengendap.
  • Bulatkan adonan menggunakan tangan lalu istirahatkan selama 20 menit sambil ditutup dengan kain atau plastik wrap.
  • Buka adonan lalu uleni atau bolak-balik menggunakan tangan selama 1 menit. Setelah itu istirahatkan selama 20 menit sambil ditutup kembali.
  • Buka kembali adonan lalu uleni selama 1 menit hingga lembut dan berserat. Setelah itu olesi adonan dengan minyak secara merata lalu istirahatkan selama 1 jam hingga mengembang 2 kali lipat.
  • Buka adonan lalu pukul-pukul untuk mengeluarkan udara yang ada pada adonan.
  • Pindahkan ke meja yang sudah dialasi lalu potong menjadi 12 bagian atau seberat 50 gram.
  • Bulatkan adonan yang sudah dipotong lalu tutup dengan kain dan istirahatkan selama 1 menit.
  • Ambil adonan lalu gilas dengan rolling pin hingga pipih dan rata. Beri isian berupa pisang yang sudah ditumis, selai coklat maupun parutan keju.
  • Gulung adonan dan lipat untuk mengunci isian roti. Bagian bawah adonan diberi motif bolong-bolong menggunakan pisau lalu rapatkan kembali.
  • Susun adonan yang sudah diberi isian di atas loyang kemudian tutup dengan kain dan istirahatkan selama 1 jam hingga mengembang 2 kali lipat.
  • Pada waktu ke 40 menit panaskan oven dengan suhu 200° api atas bawah.
  • Buka kain lalu olesi adonan dengan susu cair dan taburi dengan messes serta keju parut.
  • Masukkan loyang ke dalam oven lalu panggang dengan suhu 180° api atas bawah selama 20 menit hingga matang.
  • Angkat lalu keluarkan loyang dari oven dan roti pisang dengan coklat dan keju siap dihidangkan.

Video

Tips Memasak

  • Pastikan menggunakan ragi yang masih aktif dan dicek dengan cara mencampurkan ragi dengan air di dalam gelas dan tunggu 5 menit hingga berbuih.
  • Pastikan untuk selalu menutup adonan ketika diistirahatkan agar adonan tidak kering yang menyebabkan roti gagal mengembang.
  • Tanda adonan diuleni dengan baik yaitu teksturnya yang kalis dan tidak sobek ketika ditarik.

Itulah resep roti pisang yang spesial karena pakai coklat dan keju sehingga cocok untuk jamuan tamu ketika ada keluarga besar maupun arisan.

Kalau kamu mau jadikan resep ini sebagai ide jualan juga bisa banget kok! Namun, karena bahan-bahannya cukup istimewa maka harga jualnya sedikit lebih tinggi dari roti pisang yang dijual di warung-warung, ya! Selamat mencoba!

Bagikan ke Temanmu

One comment

  1. 5 stars
    asli sih ini hasilnya gk mengecewakan dan teksturnya tuh kyk toko bakery gituu.. hehe gk lebay tp kenyataannya y sist. oh iya klo mau dibuat jualan adonan ini dibagi 14 aja sis.. jd hrg jualnya gk mahal2 bgt

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Review Resep